Atasi Persoalan Banjir

Pekanbaru Harus Punya Masterplan 

Sigit Yuwono

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono ST menilai bahwa persoalan banjir akibat hujan di Kota Pekanbaru perlu mendapat penanganan serius, baik penanganan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Bahkan menurut Politisi Demokrat ini, Kota Pekanbaru perlu memiliki masterplan untuk mengatasi persoalan banjir agar lebih terukur dan memiliki konsep penanganan yang jelas.

"Bicara soal banjir, Pemko Pekanbaru buat dulu masterplan nya. Mana Masterplan punya Kota, punya Provinsi, dan punya pusat. Jadi biar jelas," ujar Sigit Yuwono, Selasa (19/11/2019)


Disebutkan Sigit, selama ini Pemko Pekanbaru hanya memiliki masterplan jalan lingkungan. Tidak dijelaskan secara menyeluruh mana yang menjadi kewenangan dari Pemerintah Kota, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. 

"Kalau masterplan ada, mak setiap kecamatan dan kelurahan jadi tahu. Dan, arah aliran air mau kemana larinya," sebut Sigit lagi.

Masalah banjir tahunan yang terjadi di Kota Pekanbatu terang Sigit, juga harus memperhatikan tingkat kedalaman. Jangan drainase yang ada lebih tinggi dari pada jalan.

"Karena kondisi jalan di Pekanbaru turun naik tidak sama. Dan pemerintah juga harus menyediakan waduk atau tempat penampungan sementara. Dan untuk dialirkan ke sungai semua tidak mungkin juga, karena kita dihadapi oleh situasi daerah yang padat dan kondisi struktur tanah yang tidak memadai," tutur Sigit.(Mm/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar